Senin, 24 Desember 2012

Sore

sore ini tak seperti biasanya, sore tak cerah, ia dikelilingi oleh awan hitam yang siap meneteskan ribuan butir airnya ditempat ini. aku sedang berada di taman dan duduk dikursi plastik berwarna merah yang mempunyai sandaran utk aku bersandar. tidak ada alasan pasti kenapa aku disini, hanya ingin menghabiskan sisa sore yang akan berganti menjadi malam.
 
sudah lama tak berkunjung disini, ternyata semakin banyak saja pedagang yang menjamur disisi manapun, mulai dari menjual sate, kerupuk samiler, penjaja pakaian, terompet, penjual mainan dan yg pasti banyaknya mainan anak-anak yg ditawarkan disini, maka tak heran tempat ini selalu ramai dipenuhi anak kecil.
bukan cuma anak kecil, org dewasapun juga tak sedikit disini, kebanyakan mereka berada di jogging track nya, bukan di area permainan anak. ada juga yang duduk santai sepertiku dipinggir-pinggir sambil menikmati es kelapa muda atau semacamnya. ada juga orang dewasa yang mendampingi anaknya bermain mobil remote, motor roda3, skuter, odong2, kereta, dan pancingan ikan.

meskipun awan mulai berubah menjadi hitam, tak mengurungkan niat anak-anak dan orang dewasa untuk meninggalkan tempat ini, mereka masih tetap disini dan menikmati aktifitasnya. tak ada kesedihan/kekecewaan diraut wajah mereka, yang terlihat hanya kegembiraan, senyuman dan tawa mereka yang menghiasi tempat ini.sungguh pemandangan yg indah menurutku.
walaupun aku hanya berdiam dan memandangi mereka dari tempat dudukku ini, aku merasa gembira juga, karena secara tidak langsung perasaan senang yg ada dalam diri mereka juga ikut menghipnotisku utk senang juga.
tak terbayangkan olehku apabila taman-taman yang menjajakan arena permainan anak dan berbagai macam jualan seperti ini ditutup dan di-tidak-fungsi-kan.
bagaimana nasib para pedagang makanan/minuman disini?
bagaimana nasib orang yang merentalkan mainan-mainan ini?
penghasilan mereka pasti tidak ada, mati! kalau sudah begitu, bagaimana bisa mereka menopang biaya hidup yang setiap hari makin mencekik leher mereka? biaya pendidikan yang semakin tinggi semakin melambung? biaya pangan yang tiap hari selalu meningkat? akan banyak pengangguran dan para peminta sedekah dimanamana!

bagaimana nasib pengunjung yang mayoritas berada dikalangan kelas menengah kebawah? yang hanya mampu membawa anak mereka bermain ditaman bukan di mall? yang hanya mampu membeli baju di taman-taman bukan di outlet mall/distro? tidak ada yang bisa mereka perbuat, hanya bisa diam dan meratapi hidup, apa yang bisa diperjuangkan rakyat seperti itu? tidak akan pernah didengar oleh petinggi-petinggi negara..
subhanallah.. 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar